Senin, 09 Januari 2012

'DER BAADER MEINHOF KOMPLEX', Teror Yang Berawal Dari Cita-Cita Mulia

 

Berawal dari kunjungan Shah Iran, Mohammed Reza Pahlavi, ke Jerman pada tahun 1967, sebuah kelompok garis keras terbentuk. Kelompok yang semula menentang penekanan ini justru malah menebar teror di mana-mana. Korban jiwa tak bisa dihindarkan sementara prinsip dasar gerakan ini juga semakin kabur.

Kematian seorang demonstran yang menolak kedatangan Shah Iran membuat Ulrike Meinhof (Martina Gedeck) tergerak untuk menulis artikel yang menghujat Shah Iran. Jurnalis sayap kiri inilah yang kemudian menjadi inspirasi bagi Gudrun Ensslin (Johanna Wokalek), Andreas Baader (Moritz Bleibtreu) dan dua orang lainnya untuk memulai aksi yang lebih frontal.

Ulrike Meinhof yang semula hanya berada di balik meja pun mulai tergerak untuk turun tangan memerangi apa yang mereka sebut penindasan ini. Mereka sempat mendapat pendidikan di Palestina dan memanfaatkan pengetahuan mereka untuk menebar teror di mana-mana. 

Sayangnya, sebelum mereka berhasil melebarkan sayap, penegak hukum berhasil meringkus mereka semua. Mereka dikenal sebagai kelompok teroris Red Army Faction.


Ulrike Meinhof Diperankan Oleh Martina Gedeck
 


Andreas Baader Diperankan Oleh Moritz Bleibtreu
 


Gudrun Ensslin Diperankan Oleh Johanna Wokalek
 


Horst Herold Diperankan Oleh Bruno Ganz
 



 
 
 
 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar